Friday, April 3, 2009

Breastfeeding

Nah dulu kan aku janji mau tulis sendiri pengalaman breastfeeding yg konon kata orang2 bakal struggling banget...well..memang ada banyak perjuangan...sampe skarang aku masih aktif di forum motherhood dan teman2 di sana pada stress over BF (breasfeed). ada yang stress sama milk supply yang cuma dikit, ada yang engorge-sakit banget, bengkak bahkan sampe demam, ada yang kurang tidur, ada yang dikit2 nangis over nothing or just simply feel so alone (post natal blues).
yah sapa yang gak ngeri dengernya...

well..this is my own experience...
I set it in my heart that BF should not be so stressfull..eventhough it can be that way...but choose the best way just so that you mau not get frustrated. if you get stressed, you end up with low milk supply. SO...I decided to do everything needed...aku ngga mau anti formula milk. some mothers yang bener2 ngotot mau exclusive BF biasanya against formula milk..jadinya stress sendiri kalo BF nya gak lancar. tapi aku sih santai aja...kalo lg capek banget, aku kasi baby minum formula...

in fact, I set up a pattern...
morning from 10AM onward til 12 PM I will latch on baby (alias kasi dia nenen)
12PM-10AM - kasi dia formula..krn kalo malem kasi ASI, bisa 1-2jam sekali bangun krn laper..ntar kita nya yang kecapean..(FYI, minum ASI emang cepet laper krn easy digest, sedangkan formula lbh tahan lama..bisa 3-4 jam). biasanya Caleb cuma bangun 2x dlm semalem..jam 3an sama jam 6 or 7 pagi...Praise God kalo abis minum dia lgs tidur...tp kdg2 jg dia ga mau lgs tidur abis minum..wah itu yang repot..untungnya gak tiap hari kayak gitu...kalo ngga kan kita kurang tidur mulu ya...
oh then..pas caleb bangun malem..my hubby will feed him with bottle..while I'm doing pumping job. Pump your breast milk is important..krn walau gak kasi nenen, kalo ASI ngga dikeluarin within jarak 3-4 jam wah breasts bisa bengkak n sakit...so tiap 3-4 jam itu emang hrs dikeluarin..either di pump or nenen. kalo engorge..di kompres pake air panas and dipijet yg keras (be cautious! krn bakal sakit banget). ..aku ngalamin juga tuh walau gak parah bgt...i think last week deh..skrg uda jarang...

my milk supply is quite ok..ngga terlalu berlimpah..tp juga ngga sedikit..skrg ini cukup buat porsinya caleb..malah today increased abit...skrg kalo pump bisa dpt 80ml..yesterday 60ml..Caleb sendiri skrg minumnya 60ml..

soal post natal blues...
hmmm hopefully aku ngga parah ya...cuma kepikiran kalo ntar suster uda balik indo..and aku mesti ngurus baby sendirian plus ngurus kerjaan and beresin rumah, setrika etc...wah pusing banget..kalo kepikir itu rasanya jadi down...tapi yah terus tetep berdoa minta kekuatan..praise God every morning aku merasa lbh strong and lbh pede kalo ntar pasti bisa!

oh before i forget...another thing about latching/pumping you BM...whenever I latch on or pump my BM, I always get this weird feeling...kayak perasaan sedih/empty tapi ngga tau kenapa...I think it's the hormones...biasanya aku lgs tengking dlm nama Yesus and concentrate on other things..pokoknya try to think of something positive..jgn pikir yang ga enak or pikiran kosong..
biasanya kalo lg pump, aku concentrate on telling my mind...have to improve this time..give me 80ml..etc etc..pokoknya pikirin yg laen aja..kalo lg latching liatin baby or talk to baby aja..

I've checked with other mummies in forum..ternyata mrk juga ngrasain yang sama..so i think it's the hormones..and I guess that's what makes BF even more difficult and might be one of the factors that triggers post natal blues. so watch out for this one!

soal breastfeeding position..awal2 aku masih struggling posisi apa yang cocok..sampe pake bantal bertumpuk2 utk ganjel..kadang masih pegel2 tangan/kakiku krn nopang badan..dan hrs dibantu suster utk posisiin baby yang bener...tapi skrg uda oke..aku dah bisa prop bantal sendiri..
I use cradle hold utk nenen sblh kiri...kalo sebelah kanan aku lbh comfortable pake football hold..
buat yang gak tau posisi2 apa..bisa check di website sih..click aja google: breastfeeding position.
kata ci Ida paling enak nenen sambil tiduran..tapi sampe skrg aku masih belom bisa...jd stick to sitting position with cradle n football dulu..
FYI, ternyata breastfeeding pillow gak gitu penting2 banget..krn bisa pake bantal biasa..hehe i think my hubby bakal comment kalo baca ini coz aku dah terlanjur beli heuheue...

oh ya caleb skrg uda mulai enjoy mandi loh...1st week dia nangis kenceng pas mandi..tp skrg uda gak nangis..hehehe seneng liatnya...
trus siang dia enjoy banget nenen...abis nenen slalu ketiduran..padahal baru nenen 1 sisi..sisi satunya lagi terpaksa nunggu 1-2 jam kemudian baru dapet giliran :)
tadinya aku kuatir ini anak kok tiap nenen kok tidur...tapi ternyata baby kalo dikasi nenen langsung emang berasa nyaman dan enak makanya dia puas dan ketiduran deh..

Anyway, hari ini aku bakal check up ke gynae..kayaknya mau di check stitches nya..will update soon about it..see you...

2 comments:

PRIMA said...

Halo Novi!
Ini Dewi, temen collegenya si Santo pas di KL. Baru get back in touch ama dia lewat FB.

Congrats on the arrival of your prince Caleb! He's a beautiful baby :)

maap kalo leave comment tanpa diminta hehe. gue liat blog linknya lewat di FB juga. baru aja selesai baca labour story elu, so touching!

btw, gynae elu Dr Adrian Tan ato bukan?

take care and kiss kiss to Caleb :)

Novi said...

Hi dewi :)
gyane aku Dr.adrian B. woodworth.
Clinicnya di sengkang and Chua chu kang. tapi praktek labour-nya cuma di thomson aja.
kamu juga lagi pregnant?

thank you for the wish..
hehe..kisses from Caleb too ^^