Friday, October 9, 2009

waktu hamil dulu..aku pernah tulis di blog ini kalo aku mau jadi cool mommy yang tetep bersosialisasi..hang out2, ngafe2, supper tetep jalan terus..ke gen next bawa caleb, ke mana2 caleb di bawa deh...

tapi kenyataannya..sampe sekarang bisa dihitung jari aku bawa caleb keluar pas malem..hehe..in fact, cuma sekali doang sih!

alasannya...

pas newborn sebenernya babies bisa tidur di mana saja..they don't care..I could just bring caleb anywhere I like..but I didn't do it..
Because.. newborns get overstimulated easily..by the people, the lights, fast movement, etc..resulting they become overtired, susah tidur, atau..tidurnya kebangun bangun..
makanya...aku refused bawa caleb keluar...kasian caleb, kasian aku-nya juga kalo hrs bangun berkali kali pas malem..
if u remember my postings...pas caleb below 3 months..tiap hari minggu sepulang dari gereja, kita selalu kesulitan tidurin dia..nah itu hasil dari overstimulated krn terlalu banyak dikerumunin orang..
Oh..ini bukan cuma caleb aja loh... i tell you...ini applies to all babies!!!
well...I'm a typical mother yang banyak do research on the internet and books...so I know..
tapi banyak mothers yang ngga tau beginian..they just bring their babies out even at night..and malemnya mereka bingung knp anak mereka suddenly so cranky, ngga mau bobo..atau tidur kebangun2 terus..
hmm...

pas caleb uda 3 bulan ke atas sampe skrg...caleb uda ngga kesulitan bobo lg kalo abis dari gereja/jalan2 siang..tapi aku tetep ngga mau bawa dia keluar lewat bedtime nya dia
kenapa?
above 3 months..babies uda ngerti di mana dia harus bobo...uda mulai ngerti kalo dikasi bedtime ritual (baca buku, doa sblm bobo) itu tandanya waktu tidur malam..babies love keteraturan..because mereka jadi 'ngeh' what to expect next..
PLUS..remember ada sleep transition..as they grow, babies become more alert..
during sleep cycle (pergantian dari deep sleep ke light sleep), we (Adults) and babies tend to wake up..nah kalo di sekelilingnya berisik, terang etc..the drive to wake up will win over the drive to sleep..resulting...a disturbed sleep or waking up cranky..
nah makanya..kalo ngga penting2 banget..aku ngga mau bawa caleb keluar malem2...kasian..
kenapa demi mommy-nya mau enjoy have fun sama temen2, caleb mesti ngorbanin jam tidurnya...egois banget dong...
we are mothers...we are supposed to sacrifice for our children..
toh akan ada waktunya di mana smuanya itu bisa kita nikmatin lagi pas mereka uda gede..let's say umur 1 taon..i think udah ok utk keluar maleman dikit..

the only time aku bawa caleb sampe malem (jam 8pm) itu pas launching the majesty of your name..krn aku bener2 pengen pergi...
kalo misal itu acara KKR..aku jg pasti pergi..
untuk acara2 seperti ini..ngga papa kalo kita selfish dikit..
tapi kalo utk jalan2, makan dll...sorry temen2...saat2 ini aku belom bisa yah :)
walau kangen juga saat2 hang out sama kalian sampe malem..
but I'm a mother now..and I'm trying to give the best for my son :)

No comments: